Tips Mengajari Anak Agar Selalu Bersyukur

Tips Mengajari Anak Agar Selalu Bersyukur

Backdot.com – Bunda, sukses mengajari sih kecil bisa mengucapkan “terima kasih” adalah suatu hal yang sangat membanggakan ya, ini adalah separuh dari perjuangan lho bund. Sebab separuhnya lagi adalah mengajarkan sih kecil untuk selalu bisa bersyukur. Coba saja Anda berikan sebuah pandangan mengenai aspek yang positif dari kehidupannya supaya sih kecil pun juga bisa memahami arti hidup secara lebih mendalam. Jeffrey Froh PsyD adalah seorang direktur dari “The Laboratory for Gratitude in Yourt at Hofstra University” tengah memberikan sebuah saran untuk dapat melakukan kegiatan atau pun aktifitas berikut dengan anak supaya nantinya bisa membantu mereka tumbuh jadi orang yang selalu bersyukur dan juga optimis. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya bund.

Tips Mengajari Anak Agar Selalu Bersyukur

Mengajari anak agar selalu bersyukur

Usia 3 – 7 tahun

Di setiap malam sebelum tidur Anda bisa menanyakan pada anak seperti ini “hari ini kira-kira apa nih yang membuat adik senang?” saran dari Dr. Froh. Meskipun dia masih belum paham benar mengenai konsep bersyukur, ya paling tidak kebiasaan tersebut membantunya untuk selalu lihat sisi positif di dalam kehidupannya. Hal ini bisa memasunya untuk selalu berpikir positif.

Usia 8 – 10 tahun

Di usia ini anak memasuki tahapan dimana dia akan mulai paham apresiasi yang telah dibeirkan oleh orang lain padanya. Jadi, sangat penting sekali untuk memberi pengertian pada anak bahwasannya suatu perbuatan yang telah dilakukan seseorang baginya itu patut disyukuri. Misalnya saja katakan “ tante baik banget ya dik, mau bikini kue tart untuk ulang tahun adik. Black forest lagi, ini kan kue favorit adik”.

Usia 11 – 13 tahun

Beri kamera pada anak dan mintalah dia untuk memotret hal yang dia syukuri di setiap harinya. Lalu pasang gambar untuk lebih memudahkannya mengingat sebuah peristiwa yang menyenangkan tersebut. Penelitian yang telah dilakukan Dr. Froh telah menunjukkan bahwasannya sih anak yang mendaftar peristiwa yang menyenangkan tersebut lebih cenderung membuat mereka lebih puas, optimis, dan juga selalu bersyukur. Tak hanya memotret, menggambar, menulis, dan juga bercerita ternyata bisa menjadi media yang harus dicoba.

Usia 14 ke atas

kuliahbahasainggris.com Coba menonton film “Pursuit of Happyness”. Kemudian diskuasikan nilai moral bersama sih kecil. “sel di dalam otak akan membantunya untuk merasakan hal sama seperti kejadian yang dilihat” Dr. Froh menjelaskan. Hal yang demikian ini bisa tingkatkan empati dan menjadikannya lebih bersyukur dengan apa yang dia dapat.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengajari anak agar selalu bersyukur yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga saja tips di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Baca Juga: