Tips Ajarkan Rasa Hormat Pada Anak Secara Cerdas

Tips Ajarkan Rasa Hormat Pada Anak Secara Cerdas

Tips Ajarkan Rasa Hormat Pada Anak Secara Cerdas

Backdot.com – Anak-anak yang mempunyai rasa hormat pada orang lain pasti akan lebih mudah menjadikan mereka diterima di lingkungannya sebab pribadinya yang menyenangkan. Hal yang demikian ini pastinya berbeda dengan anak-anak yang mempunyai pribadi kasar dan juga tidak sopan, selain akan dijauhi di lingkungannya, mereka juga kesulitan bergaul serta mempunyai banyak teman.

Tips Ajarkan Rasa Hormat Pada Anak Secara Cerdas

Untuk itu, menanamkan rasa hormat pada orang lain didiri anak Anda adalah salah satu bagian yang paling penting di dalam proses mendidik anak. Selain hal tersebut, ada banyak aspek yang harus diajarkan pada sih kecil mengenai rasa hormat, dan bagaimana cara bersikap anak di dalam memperlakukan orang lain dengan rasa hormat.

Tips ajarkan rasa hormat pada anak

Beri rasa hormat dan dukungan

Rasa hormat ini akan tertanam didiri anak Anda, jika sikap tersebut dicontohkan pada anak Anda sendiri. Pada saat Anda ajarkan anak untuk bisa menghormati orang lain, maka Anda sendiri juga harus bisa memberikan sikap tersebut pada anak dan memberi dukungan maupun  dorongan pada anak untuk bisa belajar menunjukan rasa hormat pada orang lain.

Perhatikan intonasi suara

Terkadang, anak menjawab dengan intonasi atau pun nada yang tak sopan dan juag semena-mena dengan tak menunjukkan rasa hormatnya. Maka dari itulah, saatnya buat Anda sebagai orangtuanya untuk ajarkan bahwasannya intonasi dari caranya berbicara juga harus diperhatikan, khususnya saat mereka berbicara dengan orangtua dan orang yang lebih dewasa. Dalam hal yang satu ini anak Anda harus bisa pahami bahwasannya nada yang lantas dia ucapkan saat meminta tolong bukan hal yang baik dilakukan. Sebaliknya, ajarkan saja pada anak Anda untuk meminta dengan sopan serta mengucapkan sesuatu yang lembut, apalagi bila ucapannya tersebut adalah sebuah permintaan.

Mengajarkan bagaimana berperilaku sopan santun

Dalam rangka ajarkan anak rasa hormat adalah salah satu hal yang paling penting sekali bagi orangtua ajarkan sikap sopan dan juga santun pada anak. Dengan pelajaran sopan santun ini maka anak akan bisa memahami bagaimana cara bertindak sesuai normal yang berlaku. Dengan demikian maka perilaku hormat dan juga saling menghormati orang lain bakal dengan sendirinya terbentuk di dalam diri anak sebab mereka tahu batasan dan juga tata krama saat berada bersama dengan orang lain.

http://www.dosenpendidikan.com/sejarah-lahirnya-sumpah-pemuda-indonesia/ Anak-anak tahu sopan satun nantinya tidak akan sulit sewaktu dihadapkan dengan lingkungan baru. Walaupun mereka masih berusia dini, akan tetapi memperlakukan orang lain dengan rasa hormat seperti ini akan senantiasa dapat mereka aplikasikan.

Demikianlah tips ajarkan rasa hormat pada anak secara cerdas yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Baca Juga: