Mengajarkan Anak Menulis di Usia 1 Tahun

Mengajarkan Anak Menulis di Usia 1 Tahun?

Mengajarkan Anak Menulis di Usia 1 Tahun?

Backdot.com – Bund, bagaimana jika Anda mengajarkan anak untuk bisa menulis di usia yang masih beranjak 1 tahun? Hemmm… kira-kira hal tersebut baik tidak sih untuk tumbuh kembang sih anak? Secara nih ya bund, sih kecil masih baru berusia 1 tahun , pastinya dia juga masih belum mengenal betul huruf alphabet dan juga angka. Akan tetapi fakta terbaru mengatakan tak ada masalah lho jika bunda mulai mengajarkan sih kecil menulis di usianya yang masih 1 tahun tersebut. Bahkan anak di usia 1 tahun tersebut lebih mudah lho menangkap apa yang telah diajarkan kepada dirinya dengan baik, walaupun masih membutuhkan didikan yang ekstra sabar dari orangtuanya.

Mengajarkan Anak Menulis di Usia 1 Tahun

Dengan bimbingan dan juga panduan dari orangtua, Anda bisa mengajarkan sih kecil menulis mulai dari hal-hal yang simpel terlebih dulu bund, seperti halnya membuat sebuah lingkaran atau pun garis. Namun, untuk lebih jelasnya mari simak beberapa ulasan di bawah ini dulu ya bund.

Cara mengajarkan anak menulis di usia 1 tahun

Perlu Anda tahu nih pada usianya tersebut seperti yang sudah kami singgung di atas bahwasannya anak masih belum kenal huruf atau pun angka, yang pasti saja Anda juga tidak perlu memaksa anak untuk langsung bisa hafal alphabet  dan juga angka ya. Langkah pertama mengajarkan anak menulis ini adalah dengan mengajarkannya memegang pensil yang benar, dan membantunya untuk membuat garis lurus atau lingkaran sebanyak mungkin hingga dia benar-benar dapat memegang pensilnya sendiri serta membuat garis sendiri.

Langkah yang kedua adalah ajarkan sih anak untuk menuliskan namanya sendiri. Menulis nama ini juga tak harus hafal terlebih dulu 26 alfabet. Anda bisa mengajarkannya menghafal namanya sendiri terlebih dulu untuk memacu anak supaya dia mau belajar dan juga mengenal huruf lain. Langkah yang berikutnya adalah dengan mengajarkan dia menebalkan huruf dan juga angka. Perbanyak jumlah angka atau huruf yang harus dia tebalkan sehingga memorinya akan menjadikan dia menghafalkan secara alamiah. Memaksa dia untuk mengingat tak akan mudah, sehingga makin seringnya dia menebalkan huruf atau pun angka, maka akan semakin kuat pula ingatannya.

gurupendidikan.com Lalu di usianya yang cukup, sekitar 2 tahun ke atas, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan crayon supaya sih anak bisa lebih bersemangat lagi dalam belajar menulisnya. Dan di usia 3 tahun, Anda bisa mengetes dan juga melatih kemampuannya dalam mengingat huruf serta angka seperti yang sudah dia pelajari seja dini. Tetap ingat, bahwasannya kemampuan yang dimiliki oleh satu anak dengan yang lainnya berbeda. Jika anak Anda memang tak mudah mengingat serta sulit sekali belajar untuk menulis, maka Anda harus memiliki waktu lebih untuk mengajarkannya serta kesabaran yang ekstra.

Demikian informasi tentang mengajarkan anak menulis di usia 1 tahun yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: